Tentang Habbatussauda


Habbatussauda dikenal dengan nama-nama lainnya seperti, Black Cumin atau Fitch (dari kitab Injil), Black Seed atau Love in the Mist atau Black Carraway Seed atau Habbatul Baraka (Inggris dan Amerika Serikat), Kalonji, Azmut, Gurat, Aof, dan Aosetta (Urdu, Hindi, Srilangka), Syuniz/Shonaiz, Al-Habbah Al-Sawda, Habbet el-Baraka dan Khondria ( Persia dan Pakistan ) dan Nigella sativa (nama botanical plants numenklature).

Habbatussauda adalah salah satu tanaman obat yang termasuk dari pengobatan cara Nabi, berbentuk biji hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, Mesir, dan negara-negara timur tengah lainnya untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Habbatussauda adalah salah satu tanaman obat yang termasuk dalam family dari Ranunculaceae dan umumnya tanaman ini mudah tumbuh di Benua Eropa (tepatnya di dataran Eropa Timur bagian tengah). Tanaman Habbatussauda juga banyak ditemukan di sepanjang dataran negara Pakistan sampai dengan India (dalam bentuk semak-semak tanaman). Asal dari tanaman Habbatussauda ini pada umumnya dari Negara Turki dan Italia. Kemudian, tanaman ini dibawa ke beberapa Negara di Benua Asia oleh beberapa orang dokter, ditanam dan dikembangbiakkan di Negara Pakistan dan India. Tanaman Habbatussauda secara keseluruhan tampak seperti segitiga, bijinya berwarna hitam, beraroma sangat menyengat dan rasanya pahit, memiliki tinggi 35-50 cm ( sekitar setengah meter ) yang bercabang dan melingkar pada bagian atasnya, berambut, memiliki bunga-bunga dengan warna putih kebiruan, dan dipenuhi dengan dedaunan ( daun pada bagian bawah tanaman lebih kecil dari bagian atasnya). Butir-butir Habbatussauda (Nigella sativa) dapat mereproduksi diri dengan sendirinya dan akan mengalami metamorfosis (perubahan dan pematangan bentuk fisik) dari biji yang ( pada awalnya) berwarna putih menjadi biji yang berwarna hitam ( setelah mengalami metamorfosis).

Komposisi zat-zat kimia alami ( natural biochemical substances ) yang terkandung dalam biji-biji Habbatussauda secara umum terdiri dari :

  1. sekitar 40 % minyak konstan ( fatty oil content ),
  2. 1,5 % minyak esensial ( essential oil content ),
  3. 15 asam amino ( alanine, arginine, isoleucine, lysine, tryptophane, thyrosine, threonine, asparagines, cystine, glycine, glutamic acid, metionine, dan praline ),
  4. protein,
  5. ion kalsium ( Ca2+ )
  6. zat besi ( Fe2+ ),
  7. ion sodium ( Na+ )
  8. potasium ( K+ ).

Sedangkan kandungan utama pada biji-biji Habbatussauda adalah ;

  • Thymoquinone ( TQ )
  • Dithymoquinone ( DTQ )
  • Thymohidroquinone ( THQ )
  • Thymol ( THY ).

Pada awalnya, Habbatussauda ditemukan di makam Tutankhamen Mesir, tempat raja-raja dimakamkan bersama-sama pada masa itu, di negeri Yunani kuno (dengan dijadikannya tanaman Nigella sativa sebagai tanaman yang dimakan untuk membantu mereka di akhir-akhir kehidupannya). Habbatussauda juga sering dipakai sebagai pengobatan tradisional di beberapa Negara di Benua Asia ( tepatnya di dataran Asia Timur bagian Tengah), terutama untuk mengangkat derajat kesehatan dan pengobatan pada banyak penyakit ringan seperti :
penyakit- penyakit demam, flu, sakit kepala, asma, rematik, berbagai infeksi bakteri, infeksi kecacingan, dan keracunan akibat gigitan/sengatan kalajengking, laba-laba, ular, kucing, dan anjing ), serta dapat dijadikan sebagai zat penambah/penyedap makanan.

Analisa & publikasi studi-studi yang telah dilakukan dibeberapa Negara (seperti Jepang, Pakistan, Amerika Serikat & beberapa Negara Eropa) pada seperampat abad terakhsir menunjukan bahwa Habbatussauda memiliki kandungan Zat nutrisi yang sangat tinggi seperti protein,lemak, karbohidrat, thiamin, riboflavine, pyridoxine, niacine, folacine, kalsium, zat besi, seng, & fospor .Adapun fungsi & manfaat yang lain dari Habbatussauda seperti yang tertuang dalam sebuah buku yang berjudul “Cannon of Medicine” karangan Ibnu Sina atau Avicenne (salah seorang pakar kesehatan zaman dulu) adalah bahwa Habbatussauda memiliki beberapa aksi terhadap tubuh diantaranya;
zat ekspektoran (pengencer dahak/lender, pembangkit energi tubuh, membantu pemulihan dr gejala fatique (tidak bergairah) & dispiritedness(tidak ada semangat hidup).

Di Yunani Kuno digunakan juga untuk masalah menstruasi, mendorong pengeluaran air seni, meningkatkan air seni, pengobatan flu, radang pada mata, kelumpuhan (paralysis), asma bronchial, alergi, bronchitis, penyakit kuning & deman malaria tertiana.

Di India Habbatussauda digunakan untuk sakit maag, kolik (nyeri pada bagian tubuh yang amat sangat), cacingan . Dan pada penelitian terakhir di beberapa Negara Eropa seperti Jerman, Belanda, Prancis dsb Habbatussauda digunakan sebagai anti oksidan (anti radikal bebas),anti kanker,diabetesmelitus,anti hipertensi & penyakit jantung,anti kolesterol, anti peradangan, anti histamine, anti infeksi bakteri, virus & parasit, anti nyeri, sakit gigi, penambah darah. Dan dengan kandungan omega 3 & omega 6 yang terdapat didlm Habbatussauda bila digunakan untuk balita diyakini mampu membantu perkembangan otak.

Di Negara Yunani dilaporkan Habbatussauda digunakan untuk penyembuhan sakit perut & berfungsi sebagai zat-zat yang dapat memperlancar pencernaan, pencahar, dan anti jaundice (gangguan pada saluran empedu hati). Habbatussauda dapat mempermudah pengeluaran gas flatus (kentut) dari dalam tubuh & dapat juga berfungsi sebagai antagonis (penghambat) aktivasi terjadinya kontraksi pada saluran pencernaan yang telah terinduksi oleh zat histamine.

Studi lain yang dilakukan oleh El- Dakhakhani, et al., melaporkan bahwa ekstrak Habbatussauda dapat menurunkan sekresi (pengeluaran) gastrin (salah satu hormone eksokrin tubuh diorgan lambung dan usus halus) dan mnyembuhkan ulkus (perlukaan/ borok) pada lambungnya.

Cara keja yang paling penting dari Habbatussauda sendiri didlm tubuh adalah pertama detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh yang menjadi penyebab utama terjadinya penyumbatan didalam darah, kemudian fungsi berikutnya adalah memperbaiki jaringan tubuh yang sudah rusak & yang terakhir meningkatkan immune tubuh.

Mau… Habbatussauda di Pekanbaru? sms (081371655737)

Kandungan Habbatussauda silakan klik disini, dan Tentang Habbatussauda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: